HEBEL ATAU BATU BATA

Untuk rumah yang tidak telalu luas, mungkin hebel bisa dipertimbangkan, tetapi kalau luas rumah sudah diatas 100M2 bahkan bertingkat, baca baik baik sebelum menentukan pilihan mau pake HEBEL atau BATU BATA.
Ada 2 faktor dominan yang harus dipertimbangkan yaitu masalah kekuatan dan harga.
1. Kekuatan.
BATU BATA PASTI LEBIH KUAT DARI HEBEL
Hebel punya kuat tekan yang katanya setara dengan batu bata, cuma kuat gesernya…. ya ampun, jangankan disruduk sapi, disenggol kambing aja pecah. Karena sifatnya yang lunak, dicongkel sama garpu aja pasti jebol, maka kurang aman untuk dinding luar. Hebel lebih cocok sebagai dinding partisi…. jadi hati hati pake hebel kalau konstruksinya tidak diperhitungkan dengan pasti.
Sebaliknya BATU BATA mempunyai fungsi sebagai bagian penopang konstruksi juga…. kalaupun kolomnya ngga terlalu besar, paling tidak dinding batu bata ikut berperan memanggul beban konstruksi.

2. Harga
BATU BATA PASTI LEBIH MURAH DARI HEBEL
Klaim bata ringan bahwa harga yang mahal ditutupi dengan ongkos kerja yang murah sehingga lebih ekonomis dari bata. Kenyataannya jauh panggang dari api, karena asumsi yang digunakan jumlah satuan dinding yang dipasang, sementara pekerjaan tukang dan knek secara simultan dan keseluruhan. Sebagai catatan aja, per 100M3 ada perbedaaan harga lebih dari 2.800.000. dari segi materialnya, bayangin kalau luas bangunan 100M2, berapa M2 dinding yang akan dibangun…. mungkin bisa sampai 300M2, lumayan bisa dihemat 8.5jt…. belum lagi material yang terbuang…. pastilah lebih banyak hebel yang terbuang dibandingkan bata. Sedangkan penggunaan semen, Hebel dengan semen husus harganya 90rb per 40 Kg, jauh lebih mahal dari harga pasangan bata 1:5 dengan ketebalan 1Cm.

Jangan mau termakan iklan, karena Batu Bata tetap lebih unggul dari Hebel.

Tentang sutandrajat

Tergantung presepsi anda kalau mengenal saya....
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s