HIDUP ITU PILIHAN ATAU KETERPAKSAAN?

Judul yang paradox… sebahagian motivator dan orang orang bijak bilang hdup itu adalah pilihan… well…. maka semua orang akan memilih jadi kaya, jadi cantik, jadi ganteng dan jadi yang …pokoknya semua serba sempurna…. dan anggota DPR memilih menghianati hati nurani rakyat yang memilihnya.

Kenyataannya hidup itu lebih banyak terpaksa… terpaksa menjadi miskin karena ngga makan sekolahan atau emang karena bodoh… walahualam… ngga ada orang yang pengen jadi orang miskin dan jadi orang bodoh kan…..

Kalau kamu menjalani hidupmu karena suatu pilihan, bersyukurlah engkau yang mendapat kesempatan untuk memilih… memilih menjadi orang yang baik atau memilih menjadi orang jahat, terserah kau sajalah, yang penting kau puas menjalani hidupmu.

Jangan pikir tidak ada orang yang terpaksa menjadi baik… koruptor keparat di negri ini suka banget nyumbang yayasan yatim piatu, diriin masjid atau gereja, bikin kegiatan sosial dan amal…. sobat, itu semua terpaksa mereka lakukan untuk menutupin kebejatan mereka… jangan ditiru.

Ada juga kok yang terpaksa menjadi jahat, jadi copet atau jambret, bahkan jadi perampok…. mereka ini terpaksa melakukannya karena dah kawin dan punya anak banyak yang harus dikasih makan, sementara ngga ada pekerjaan yang jelas… yah terpaksalah buat kejahatan.

Hidup itu pilihan atau keterpaksaan mirip mirip dengan kemauan dan kemapuan… banyak orang bisa memilih sesuatu buat hidupnya…masalahnya dia mau atau tidak, mampu atau tidak….. ada yang mau tapi tidak mampu, ada yang mampu tapi tidak mau… nah, yang terpaksa itu karena memang dia ngga ada kemauan dan ngga ada kemampuan buat memilih, jadilah terpaksa melakukan sesuatu buat hidupnya… terpaksa miskin, terpaksa bodoh.

Kalau anggota DPR kita, yang jelas mereka hidup dengan pilihan mereka dan sekaligus karena terpaksa……

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

KERENDAHAN HATI VS ANGGOTA DPR

Mungkin hanya segelintir orang yang pernah membaca puisi dari Be the Best of Whatever You Are karya Douglas Malloch dan mungkin tidak satupun anggota DPR yang mengerti isinya… Masa iya sih….???!!!!

Kalaupun ada anggota DPR yang sudah membacanya, mungkin mereka tidak mengerti artinya…. mungkin mereka tidak tahu bahasa Inggris atau tidak pernah membaca terjemahannya…. Masa iya sih…????!!!!

Kalaupun ada yang sudah mengerti dan memahaminya, mungkin saja mereka buta hati…. kebangetan ya…???!!!!!!!

Pernah dengar pedangang kain yang bilang “DIJAMIN TIDAK LUNTUR” ????  Bukan maksud hati menyinggung orang Arab, tetapi prilaku sebagan besar anggita DPR adalah “LUNTUR TIDAK DIJAMIN”   dan itulah kenyataannya yang kita lihat dari kualitas mental anggota DPR kita yang sejatinya adalah orang orang yang berbudi luhur, karena mereka adalah wakil rakyat kita.

Lho… kok bisa???!!!!!!!!

Semua orang tahu sebagian besar masyarakat Indonesia itu masih kurang dalam banyak hal, seharusnya tuan tuan yang terhormat yang menjadi wakil orang orang yang “KURANG” menjadi corong untuk membela kepentingan yang diwakilinya, tetapi kan kenyataan tidak begitu…..

Maka puisi kerendahan hati akan berbunyi kira kira begini bagi Anggota DPR kita

Kalau engkau tak mampu menjadi beringin
yang tegak di puncak bukit
Jadilah pelangi, tetapi pelangi di terik matahari,
yang panasnya menyengat kulit

Kalau kamu tak sanggup menjadi belukar,
Jadilah saja benalu, tetapi benalu yang menutupi pohon indukan

Kalau engkau tak mampu menjadi jalan raya
Jadilah saja jalan kecil,
Tetapi jalan setapak yang
menerobos ke liang tersembunyi

Tidaklah semua menjadi kapten
tentu harus ada pemilik kapalnya….
Bukan besar kecilnya tugas yang menjadikan tinggi
rendahnya nilai dirimu
Jadilah saja serakah….
Sebejat bejatnya dari dirimu sendiri

Mudah mudahan aja masih ada anggota DPR yang sesuai dengan kata sandangnya…. Dewan PERWAKILAN Rakyat   Bukan Dewan PEMANIPULASI Rakyat

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

CARA MENYUSUN BATU BATA

Biar bagaimanapun, batubata sebagai elemen dinding tidak dapat tertandingi dengan material lainnya apabila acuannya dari segi kekuatan dan harga, sehingga batubata tetap menjadi pilihan utama untuk dinding.

Hal yang paling utama adalah bagaimana sebenarnya menyusun batubata yang baik dan benar, suatu pernyataan atau pertanyaan yang sepertinya sepele…. karena semua tukang sepertinya tahu melakukan itu….

Kenyataannya tidak demikian, karena tukang tukang yang bekerja berdasarkan pengalaman yang mungkin berpuluh tahun… mendapatkan pengalaman yang salah dalam menyusun batu bata…. kebanyakan adalah meyusun spasi semen dengan bata…..

Menyusun batu bata seharusnya dengan ketelitian yang tinggi dalam me LOT yang sering diabaikan oleh tukang. Lot tidak terus menerus di cek, sementara tiang untuk lot sering tersenggol dan rentan untuk bergerak, kemiringan tiang 1 mm pada ketinggian 3M menyebabkan dinding miring 3 Cm dan hal tersebut sering terabaikan begitu saja.

Kebanyakan tukang selalu menjawab, susunan miring akan dikejar pada plesteran dan pada akhirnya akan lurus juga.  Hal tersebut terjadi dimana saja karena memang pengalaman mereka mengajarkan demikian.

Ada baiknya sebelum tukang bekerja, diberikan pemahaman bahwa pekerjaan yang diawali dengan baik saja ada kemungkinan hasilnya tidak memuaskan, apalagi kalau menyusun bata saja sudah miring, sudah dipastikan hasilnya tidak akan memuaskan.  Lebih baik langsung mengafkir tukang yang ngeyel, karena akan menyulitkan isntruksi untuk pekerjaan pekerjaan selanjutnya.

Saya sudah mencek 126 rumah 2 lantai yang secara kasat mata kelihatan lurus dan rapih, ternyata setelah di LOT semuanya miring.

Berikut ini langkah langkah menyusun bata yang baik dan benar agar didapatkan hasil yang terbaik:

1.  Pilih tiang yang benar benar lurus untuk menarik tali, sebaiknya gunakan holo daripada kayu kaso, karena kaso kemungkinan akan bengkok terpapar panas dan hujan. Lot tiang dan pastikan kelurusannya, paku, skor dan atau ikat sehingga tiang benar benar berdiri dengan kokoh dan tidak mudah bergeser.

2.  Pesan husus bata yang berukuran lebar 10 Cm, hindari menggunakan bata yang hanya 7,5 Cm karena pada akhirnya biaya akan jadi lebih mahal disebabkan plesteran yang tebal untuk mengejar kerataan dengan kusen dan kolom. Pun secara mate matis, bata berukuran besar lebih murah dari bata kecil. Secara tehnis, ketinggian dinding per 3 M, maka tebal dinding minimal adalah 10 Cm sebagai bagian penopang konstruksi. Tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk ketentuan dinding partisi.

3.   Bata harus direndam, minimal disiram berulang ulang sehingga warnanya lebih gelap karena air sudah masuk kedalam pori pori bata. Gunanya agar spasi tidak langsung kering terhisap oleh bata yang dapat menyebabkan spasi mentah dan rapuh. Dengan menjaga kelembaban spasi, proses kimia semen dan pasir berlangsung secara baik.

4.  Kalau menggunakan pasir yang halus (biasanya pasir hitam dan sedikit tercampur debu tanah), gunakan campura 1 : 4, dan bila menggunakan pasir halus putih (pasir gunung yang tidak terlalu halus dan permukaannya kasar) dapat meggunakan campuran 1 : 5 atau 1 : 6.

5.   Ingat bahwa yang hendak disusun adalah bata, bukan spasi. Jarak antar bata cukup 8MM atau kurang dari 1 Cm, karena pada dasarnya spasi lebih kuat dari bata, selain pemborosan, tidak ada gunanya membuat spasi tebal tebal. Selain hemat bahan, spasi tipis memastikan bata tidak gampang bergerak karena kesenggol. Pastikan setiap tukang memasukkan spasi pada nat antar bata, karena kebiasaan tukang, nat menggantung dan tidak terhubung dengan spasi dibawahnya. Dudukan bata pada spasi yang tebal rentan untuk bergeser karena adukan masih labil/blm keras.

6.  Jangan biarkan tukang bekerja dengan tidak rapih, spasi harus rata bata, tidak masuk kedalam maupun berceceran keluar.  Tukang yang bekerja asal asalan cendrung menyebabkan masalah dikemudian hari, lebih baik langsung di afkir kalau tidak bisa diberitahu, karena sesama tukang biasanya sungkan untuk saling mengingatkan kesalahan temannya.

7.  Apabila kolom didirikan lebih dahulu dan susunan bata menyusul kemudian, jangan lupa menyisipkan angkur per 60 Cm pada kolom.

7. Tarik benang per 2 bata ditambah ukuran spasi 2 x 8 MM, untuk gampangnya jarak benang adalah 2 x tebal bata + 2 x tebal spasi.  Untuk awalnya, tukang rata rata kesulitan dan merasa kaku bekerja karena merubah kebiasaan menyusun bata semau gue dengan aturan yang harus diikuti, tetapi pada akhirnya tukang akan mengakui lebih gampang menyusun bata dengan spasi tipis, selain tidak capek, kerjaan rapih dan lebih cepat.

8.  Hindari susunan bata lebih dari 20 susunan, karena rentan bergeser. Pindahlah kebahagian lain apabila susunan bata sudah mencapai 20 susunan secara vertikal.  Lot kembali tiang setiap memulai susunan baru.  Hal ini kadang dianggab tukang bertele tele, karena tukang selalu berpikiran nanti gampang dikejar dengan plesteran. Paksa tukang mengikuti aturan dan pada akhirnya tukang mengerti bahwa kualitas pekerjaan akan menghemat waktu dan biaya.

9.  Jangan lupa, esok harinya sebelum mulai bekerja, dinding bata harus disiram kembali untuk menjaga kelembaban dinding agar spasi menghasilkan reaksi yang sempurna.  Lupa menyiram dinding bata dan membiarkannya kering pada hari pertama, menyebabkan dinging berkurang kekuatannya.   Pada tahun ke 10 dipastikan spasi sudah berubah menjadi serpihan pasir  yang terhimpit bata dan plesteran.

Pada awal pekerjaan, kelihatannya susunan bata akan berjalan lambat karena pekerjaan melot dan menarik benang memakan waktu yang lumayan banyak.  Abaikan perasaan anda akan rugi, karena dengan lot dan benang yang benar, pekerjaan berikutnya akan berakselerasi, lebih cepat, lebih rapih, lebih baik dan lebih hemat.

Kalau langkah langkah tersebut dilakukan dengan baik dan benar, maka pekerjaan plesteran akan lebih mudah, lebih cepat dan lebih  hemat.

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar
Design RUmah Modren

Rumah Modren Nan Cantik

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

HEBEL ATAU BATU BATA

Untuk rumah yang tidak telalu luas, mungkin hebel bisa dipertimbangkan, tetapi kalau luas rumah sudah diatas 100M2 bahkan bertingkat, baca baik baik sebelum menentukan pilihan mau pake HEBEL atau BATU BATA.
Ada 2 faktor dominan yang harus dipertimbangkan yaitu masalah kekuatan dan harga.
1. Kekuatan.
BATU BATA PASTI LEBIH KUAT DARI HEBEL
Hebel punya kuat tekan yang katanya setara dengan batu bata, cuma kuat gesernya…. ya ampun, jangankan disruduk sapi, disenggol kambing aja pecah. Karena sifatnya yang lunak, dicongkel sama garpu aja pasti jebol, maka kurang aman untuk dinding luar. Hebel lebih cocok sebagai dinding partisi…. jadi hati hati pake hebel kalau konstruksinya tidak diperhitungkan dengan pasti.
Sebaliknya BATU BATA mempunyai fungsi sebagai bagian penopang konstruksi juga…. kalaupun kolomnya ngga terlalu besar, paling tidak dinding batu bata ikut berperan memanggul beban konstruksi.

2. Harga
BATU BATA PASTI LEBIH MURAH DARI HEBEL
Klaim bata ringan bahwa harga yang mahal ditutupi dengan ongkos kerja yang murah sehingga lebih ekonomis dari bata. Kenyataannya jauh panggang dari api, karena asumsi yang digunakan jumlah satuan dinding yang dipasang, sementara pekerjaan tukang dan knek secara simultan dan keseluruhan. Sebagai catatan aja, per 100M3 ada perbedaaan harga lebih dari 2.800.000. dari segi materialnya, bayangin kalau luas bangunan 100M2, berapa M2 dinding yang akan dibangun…. mungkin bisa sampai 300M2, lumayan bisa dihemat 8.5jt…. belum lagi material yang terbuang…. pastilah lebih banyak hebel yang terbuang dibandingkan bata. Sedangkan penggunaan semen, Hebel dengan semen husus harganya 90rb per 40 Kg, jauh lebih mahal dari harga pasangan bata 1:5 dengan ketebalan 1Cm.

Jangan mau termakan iklan, karena Batu Bata tetap lebih unggul dari Hebel.

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

DPR BRENGSEK, BIAYA DESIGN GEDUNG BARU 19 M

Wow…. gile bener sampe segitunya cuma untuk biaya design…. coba dibeliin beras, bisa berapa truk tuh….

Ini Sekjennya yang ada gawean atau Anggota DPR nya ya, wong bangun hotel  bintang 7 aja biaya designnya ngga sampe segitu…

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar